Reuni Akbar Alumi MA Fatwa Alim Tulung tanggal 11 Agustus 2013 angkatan 1991 s/d 2013, A LIVE PERDECT MOTIVATION oleh Prof.Drs.Muh Sholeh M.Pd.P.NI (Profesor Tahajud) Info Penting: Divisi gambus kemarin bersama Pakde Karwo di Ponpes Subulul Huda Kembangsawit, Baca Selengkapnya di SR Bersama Gubernur Jawa TimurTanggal 02 Juni jam 19.00 WIB di Ponpes Subulul Huda Kembangsawit Kebonsari Madiun, Insya Allah Hadir Bapak Gubernur Jawa Timur DR.H.Sukarwo dan Wagub Drs. H. Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Bapak Bupati Madiun H. Muhtarom, S.Sos

Slideshow

Prestasi UKM Seni Religius

Kegiatan siswa Madrasah diliput stasiun TV nasional? Waw untuk yang satu ini bukan hal yang mengasingkan lagi bagi MA FatwaAlim Tulung. Yang paling gress adalah pada saat kegiatan pesantren ramadhan lalu, SCTV dari Jakarta lengkap dengan crew dan presenternya yang cakep dan keren buangeet yang sering kita lihat pada berita liputan6 yaitu Jati Dharma mengunjunggi MA Fatwa Alim Tulung dalam acara safari ramadhan liputan6, acaranya heboh bangetz. hadirnya stasiun TV nasional swasta tersebut karena tertarik untuk menyaksikan penampilan Gambus yang ada di MA. Fatwa Alim yang terletak di Desa Tulung Kecamatan Saradan Kabupaten Madiun lengkap dengan tari zavinnya yang unik.
Gambus ini telah menorehkan prestasi dari berbagai kegiatan ataupun perlombaan. ”kita pernah jadi juara pertama ketika lomba tingkat eks karisidenan Madiun, juga menjadi delegasi pemerintah Kabupaten Madiun ketika pelaksanaan MTQ (Musabaqoh Tilawatil Qur’an ) tingkat propinsi Jawa Timur tahun 2009 di Kabupaten Jember dan kota Madiun tahun 2011”, begitulah ungkap Pak Nur Habib Mustofa, pembina Seni Religius. Pak Nur, demikian biasanya beliau di panggil menambahkan, dengan prestasi-prestasi yang sudah ditorehkan tersebut Bapak Bupati Madiun, H. Muhtarom dan Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf atau (Gus Ipul) mengacungi jempol terhadap performance musik kita ketika pawai ta’aruf MTQ“ terang alumni UIN Malang ini yang juga lulusan MTsN dan MA. Fatwa Alim Tulung ini.
Pak Drs. Sucipto kepala Madrasah menjelaskan bahwa keberadaan Seni Religius atau yang lebih dikenal dengan gambusnya ini memang merupakan icon terbesar MA. Fatwa Alim Tulung.  “walaupun masih terbilang musik yang ‘asing’ tapi sudah mampu menembus dan mewarnai kancah permusikan religi di wilayah  Madiun dan sekitarnya”, terang Bapak yang hoby membaca ini.
Gambus merupakan musik yang menggunakan bahasa arab sebagai syairnya dan gitar gambus yang menjadi instrumen khasnya. Gambus sendiri didirikan pada tanggal 04 bulan 04 tahun 2004, ini bisa dibilang unik. Keunikan lainya adalah pendiri sekaligus pelatihnya pun terdiri dari TRIO HABIB yaitu Nur Habib Mustofa, Nur Muhammad Habibilah dan Habib Mustofa, “ini suatu kebetulan dan tidak disengaja sama sekali”, seperti yang diungkap Pak Nur kepada reporter Lailatul saat mewawancarai beliau.
Prosesi latihan di SR Ternyata tidak hanya satu dua kali tapi digelar kapan pun anggota ingin singgah ke studio Unit Kegiatan Madrasah (UKM) tercinta, “wow mengasikan buanget!” kata Dewi, salah satu anggota SR, lebih lanjut cewek yang masih duduk di kelas sebelas ini mengatakan ”Karena di SR tidak hanya mewadahi bakat dan minat siswa yang suka bermusik aja, tapi organisasi pun juga siip lah”. Didalam Seni Religius dibagi menjadi 6 divisi di antaranya “ divisi gambus, sholawat, qosidah, qiro’ah, mc, khot(kaligrafi), so amazing kan.
Untuk menjadi anggota SR harus melalui berbagai proses yang dibuat berbeda sekali dengan organisasi-organisasi lain. melalui berbagai penjaringan dan seleksi yang ketat dan setelah itu baru bisa mengikuti proses DIKLATSAR (Pendidikan dan Latihan Dasar) yang begitu jitu banget membentuk mentalitas para calon anggota baru dan masih banyak lagi hal yang menarik dari proses masuk di SR yang pastinya juga mengandung banyak manfaat. Hampir 80 % pelajar yang ada di MAFA berantusias untuk menjadi anggota Seni Religius, divisi Gambus” ujar salah seorang drummer musik gambus, Ali Gufron.
Dengan adanya SR siswa tidak hanya berkecimpung dalam bidang pendidikan, tapi dapat berdakwah melalui seni dan pastinya mampu meningkatkan kecintaan siswa terhadap dunia musik. Diantara tujuan dibentuknya Seni religius focus pada sholawat dan gambus ini adalah untuk memasyarakatkan sholawat dan mensholawatkan masyarakat, sekaligus dalam rangka mengimbangi berbagai seni yang jauh dari nuansa dan nilai-nilai Islami yang semakin marak di masyarakat, pungkas Pak Nur mengakiri wawancara.


0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Seni Religius |"Seni Adalah Jiwaku Dengan Seni Aku Bersabar dan Berdakwah"| Admin

Daftar ISi